BAPPEDA Musi Rawas Terapkan Aplikasi e-RK dan SILAKIP

MUSI RAWAS – Kulu-kilo.com - Untuk mendukung penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang juga merupakan bagian dari Reformasi Birokrasi yang menjadi sasaran strategis dalam RPJMD Kabupaten Musi Rawas perlu didukung dengan Penggunaan Aplikasi dalam sistem pemerintahan. Sejalan sengan itu Pemerintah Kabupaten Musi Rawas telah melakukan replikasi teknologi (Aplikasi) yang merupakan hibah dari Pemkot Bandung melalui Perjanjian Kerjasama Antar Daerah.

Sampai dengan saat ini sudah dua teknologi yang telah diterapkan melalui replikasi dari Pemkot Bandung yaitu e-Renumerasi Kinerja (e-RK) Dan SILAKIP.

“Kedepannya perangkat daerah di Kabupaten Musi Rawas akan didorong untuk dapat mereplikasi teknologi lainnya untuk mendukung pencapaian target strategis dalam mewujudkan Musi Rawas Maju, Mandiri Bermartabat,” tegas Kepala Bappeda Mura, Kgs Effendi Feri.

Terkait hal itu, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas malaksanakan rapat untuk mengevaluasi kerjasama antar Daerah dengan Pemkot Bandung yang telah berakhir sejak tahun 2019. Rapat dipimpin Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Musi Rawas dan diikuti Kepala Bappeda, Kepala BKPSDM, Kadiskominfo, Kepala BPKAD, Kabag Tapem, Kabag Organisasi dan Kabag Hukum.

Dalam rapat tersebut disimpulkan bahwa Pemkab Mura akan tetap melanjutkan kerjasama dengan Pemkot Bandung dalam penerapan tegnologi dan transfer knowledge setelah mendapat persetujuan dari Bupati Musi Rawas Hj.Ratna Machmud.

“Tim teknis yang akan dikoordinir oleh Bagian Tapem akan melakukan komunikasi untuk mengajukan usul Perjanjian Kerjasama Antar Daerah dengan Pemkot Bandung. Apabila nantinya disetujui, akan diagendakan penandatanganan MoU oleh Bupati Mura dengan Walikota Bandung,” papar Kgs Effendi Feri.

Disampaikannya pula, Aplikasi SILAKIP akan dikembangkan dan akan dilatih para user pada OPD dengan bantuan Pemkot Bandung dan pihak ketiga. Begitu juga dengan aplikasi e RK akan dikembangkan kembali dan akan menyesuaikan dengan kebutuhan Pemkab Musi Rawas. Bagi perangkat daerah nantinya dapat melakukan Perjanjian kerjasama antar instansi dengan pihak Pemkot Bandung setelah adanya MoU dengan tetap melapor atau didampingi Bagian Tapem.

“Bappeda akan mendorong kepada seluruh OPD agar dapat mengambil manfaat dari teknologi yang sudah berhasil diterapkan di Pemkot Bandung untuk mendukung kinerja OPD masing-masing dalam mendukung kelakuan di Kabupaten Musi Rawas dengan tetap berkoordinasj dengan Bagian Tapem dan Dinas Komunikasi Informatika Dan Statistik,” pungkasnya. (rls/Sony)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama