Kabupaten Musi Rawas Sebentar Lagi akan Memiliki Rumah Sakit Megah

MUSI RAWAS, Kulu-kilo.com - Pembangunan RSUD Pangeran Mohammad Amin di ibukota Kabupaten Musi Rawas, Sumsel, terus berlanjut.

Pembangunan rumah sakit yang berlokasi di Kompleks Perkantoran Agropolitan Center Muara Beliti itu diawali dana bantuan gubernur (Bangub) Sumsel, H Herman Deru senilai kurang lebih Rp28 miliar.

Kemudian tahun ini, Kabupaten Musi Rawas kembali menerima suntikan dana Bangub senilai Rp50 miliar untuk kelanjutan pembangunan rumah sakit tersebut.

Plt Kepala Dinas PU Cipta Karya TRP Musi Rawas, Oktaviano mengatakan, pembangunan gedung RSUD Pangeran Muhammad Amin masih berlanjut.

"Tahun ini masih lanjut, dan tahun ini merupakan tahap kedua pembangunan RSUD Pangeran Mohammad Amin tersebut," kata Oktaviano, Jumat (18/11/2022).

Dimana tahun ini lanjut Okta, yakni pembangunan gedung rawat inap dan IGD dua lantai, dengan anggaran sebesar Rp50 miliar bersumber dari Bangub Sumsel.

"Targetnya akhir 2022 ini selesai pembangunan dua gedung tersebut, yakni gedung rawat inap dan IGD," jelasnya.

Dikatakan Okta, untuk operasional dari rumah sakit tersebut, diperkirakan di 2023 mendatang. Sebab, DPUCK-TRP Kabupaten Mura hanya memiliki kewenangan untuk konstruksi fisiknya.

"Kalau kesiapan lainnya itu beda ranahnya. Intinya, untuk gedung rawat inap dan IGD, ditargetkan selesai akhir Desember mendatang," ungkapnya.

Menurutnya, masih banyak yang harus dibangun, sebab RSUD Pangeran Mohammad Amin tersebut nantinya akan menjadi rumah sakit rujukan beberapa daerah di Sumsel.

"Pembangunan fisik juga akan dilanjutkan, karena memang masih ada beberapa fasilitas atau bangunan yang belum diselesaikan. Saat ini kami sedang menyusun master plannya," ungkapnya.

Hanya saja sambung Okta, pembangunan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan anggaran.

Untuk sementara ini Pemkab Musi Rawas tidak menganggarkan untuk pembangunan gedung rumah sakit tersebut.

"Pemkab Mura tidak menganggarkan, karena memang tidak boleh tumpang tindih, sehingga saat ini masih memaksimalkan dengan anggaran bangub," imbuhnya.

Dilanjutkan, jika nantinya memang masih ada yang kurang dan bangub tersebut distop, maka Pemkab Musi Rawas baru akan menganggarkan untuk melanjutkannya pembangunannya.

Kepala Desa (Kades) Muara Beliti Baru Kecamatan Muara Beliti, Zaipul Basri berharap agar RSUD Pangeran Mohammad Amin yang berada di desanya tersebut segera dioperasikan.

"Harapannya segera selesai dan segera dioperasikan. Sehingga, bisa meningkatkan ekonomi masyarakat di desa kami," kata Zaipul.

Menurut Zaipul, dengan beroperasinya RSUD tersebut, tentu akan menjadi data tarik tersendiri, dan membawa keramaian di Desa Muara Beliti Baru ini.

"Ini ibukotanya Kabupaten Mura, sekarang masih sepi, jadi kalau sudah ada RSUD maka bisa saja Ibukota ini ramai," tutupnya.(adv/sony)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama