Pejabat Pemkot Lubuklinggau Hadiri Rakerda Program Bangga Kencana Tingkat Provinsi Sumsel

LUBUKLINGGAU- Kulu-kilo.com. Pejabat Pemkot Lubuklinggau mengikuti rapat kerja daerah (Rakerda) Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Provinsi Sumsel tahun 2022 via zoom meeting, bertempat di Command Center Kota Lubuklinggau, Kamis (10/3/2022).

Kegiatan tersebut mengusung tema kebijakan dan strategi percepatan penurunan angka stunting dalam rangka meningkatkan kualitas SDM melalui konvergensi bersama mitra kerja. 

Kota Lubuklinggau mendapat penghargaan terbaik pertama dalam penginputan data Provinsi Sumsel, yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Lubuklinggau, Henny Fitrianty.

Gubernur Sumsel, H Herman Deru dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan selamat kepada mereka yang telah menerima penghargaan apapun kategorinya.

“Saya bangga melihat pahlawan kesejahteraan masyarakat, pahlawan yang lalai kita perhatikan. Oleh karena itu, saya meminta kepada para pemangku kebijakan harus lebih memperhatikan terhadap Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPKB),” imbuhnya. 

Di lapangan pasti banyak kendala, tetapi gubernur meyakini dengan cara humanis, para penyuluh KB pasti akan diterima oleh masyarakat.

“Tantangan kita adalah stunting, kita sering terlambat yang seharusnya dilakukan penyuluhan saat perkawinan. Pernikahan yang dilakukan bukan hanya kepentingan berdua tetapi juga untuk kepentingan SDM,” sebutnya. 

Rata-rata penyebab stunting adalah pola makan yang tidak ada gizinya. Komposisi ini harus diperbaiki.

Dalam laporannya, Kepala BKKBN Provinsi Sumsel, Mediheryanto, SH MH mengatakan Rakerda ini merupakan mekanisme operasional dalam penurunan stunting. Rakerda juga merupakan tindak lanjut rapat pada Februari lalu.

Selama Rakerda, ada juga pelantikan pengurus IPKB Kabupaten/Kota serta pelantikan DPC BKKBN Provinsi Sumsel dan kabupaten/kota.

Rakerda diikuti sekitar 500 orang peserta, terdiri dari 100 orang melalui virtual dan 400 orang hadir secara langsung. Tujuan utamanya adalah membangun komitmen para mitra kerja dilingkungan provinsi maupun kabupaten/kota.

Hadir dalam Rakerda secara zoom meeting ini, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi, Kepala DPPKB yang diwakili Kabid Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, Nurul Aini, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Lubuklinggau, Nurmalina, SKM, mewakili Ketua TP PKK, Ketua Pokja 4, Darlela serta Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Litbang, Emmy Siswati.(Sony)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama